fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve

Home >Berita >Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
Diposting : Senin, 16 Sep 2024, 18:29:53 | Dilihat : 50 kali
Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve


Bondowoso, Media Center Fakultas Dakwah - Proses belajar mengajar di kelas, tahun depan tak akan terganggu lagi dengan masalah sarana teknologi. Khusunya menyangkut jaringan internet dan ketersediaan proyektor sebagai sarana penyampaian materi kuliah maupun presentasi diskusi. Pasalnya, kampus UIN KHAS Jember akan memasang seluruh kelas yang dipakai untuk kuliah mahasiswa akan dilengkapi dengan smart teve 48 inchi.

Kabar menggembirakan itu disampaikan oleh Wakil Rektor III Dr. H. Khoirul Faizin, M.Ag, saat menutup acara acara Forum Group Discussion (FGD) Peningkatan Mutu Dosen dan Tenaga Kependidikan (Tendik) Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember di Grand Padis Hotel, Bondowoso (14/9). Penambahan prasarana teknologi untuk proses belajar mengajar di kelas itu akan direalisasikan mulai tahun depan.

“Pengadaan smart teve untuk seluruh kelas perkuliahan yang ada di lima fakultas dan pascasarjana ini sudah dianggarkan oleh kampus di tahun 2025. Semoga tidak ada kendala dan bisa langsung dipasang di seluruh kelas,” tandas Faizin meyakinkan.

Pihaknya menyadari dengan banyaknya keluhan terkait prasarana perkuliahan yang belum maksimal. Terutama terkait dengan tidak semua kelas dilengkapi dengan proyektor. Bahkan, kelas-kelas yang dilengkapi dengan proyektor tak banyak yang bisa dimanfaatkan. Diantaranya karena kabel konektornya yang rusak, sudah tidak bisa nyala, cahaya lampunya sudah tidak terang atau berubah warna dan lain sebaginya.

“Bahkan, yang lebih memprihatinkan, mahasiswa harus mencari gagang sapu atau galah untuk menghidupkan proyektor saat perkuliahan akan dimulai. Ini karena keberadaan remotenya tidak jelas. Ini kan memalukan kalau dilakukan terus berulang-ulang,” papar pria asal Lamongan disambut tawa para hadirin.

Dalam acara FGD bertema ‘Memberikan Layanan Terbaik Berbekal Keterampilan dan Kecerdasan' itu, Faizin juga mengajak para dosen dan tendik untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kepada mahasiswa maupun masyarakat umum. “Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah kita harus bergerak bersama untuk meminimalisir kekurangan. Setelah kampus kita berhasil meraih akreditasi unggul, tugas selanjutnya adalah fokus untuk bisa meraih akreditasi internasional,” tandasnya.

Tak hanya bertekad mengedepankan pelayanan terbaik, tambah Faizin, pihaknya juga terus berupaya meningkatkan skill mahasiswa di berbagai bidang. Dalam waktu dekat ini misalnya, kampus UIN KHAS akan menggelar kegiatan pendidikan dan latihan (diklat) jurnalistik dan protokoler untuk mahasiswa.

“Peserta kegiatan ini lebih diutamakan dari kalangan mahasiswa yang aktif menjadi pengelola media center di masing-masing fakultas. Insya Allah diklat protokoler akan Kami selenggarakan pada Bulan September ini. Sedangkan diklat jurnalistik akan digelar di Bulan Oktober,” paparnya.
Sementara itu, Dekan Fakultas Dakwah Dr. Fawaizul Umam, M.Ag, mengapresiasi kegiatan FGD ini. Hasil terpenting yang bisa diharapkan dari kegiatan ini adalah meningkatnya ketrampilan dosen dan tendik dalam mengidentifikasi masalah. Selanjutnya melakukan sistematisasi ke dalam bentuk kegiatan atau program kerja. Dan, sesegera mungkin mengeksekusi kegiatan-kegiatan lama yang tertunda karena problem rutinitas.

“Ini adalah awal yang baik untuk memulai perubahan di Fakultas Dakwah. Asupan materi dari nara sumber menyangkut ketrampilan dalam meningkatkan pelayanan prima, kita harapkan bisa menjadi tambahan energi untuk mendorong melanjutkan mimpi-mimpi lama kita tentang Fakultas Dakwah yang ideal,” tambahnya.

Kegiatan FGD yang berlangsung selama dua hari ini menghadirkan dua nara sumber dari Universitas Jember. Masing-masing Dr. Selfi Budi Helpiastuti,S.Sos., M.Si, dosen FISIP sekaligus trainer kepribadian dan pelayanan publik, serta Novan Aulia Rohman, S.Kom, MM, pejabat sekaligus praktisi pengelolaan aset Unej. Selain mendatangkan pemateri dari luar, dalam kegiatan tersebut juga ada pembahasan penting untuk kemajuan Fakultas Dakwah ke depan.

Selain itu juga ada komisi pembahasan kurikulum, Renstra Renop, media center dan jurnal, serta pelayanan tendik. Acara dibuka oleh Rektor UIN KHAS Prof. Dr. H. Hepni, S.Ag, MM, pada 13 September dan ditutup oleh Wakil Rektor III Dr. H. Khoirul Faizin, M.Ag.

Koordinator Media Center: Abdul Choliq
Penulis: Abdul Choliq
Editor: Abdul Choliq, Firdaus Dwi, Nuzul Ahadiyanto

Berita Terbaru

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
16 Sep 2024By dakwah
Komunikasi Literasi Digital Berbasis AI Harus Mencerdaskan
16 Sep 2024By dakwah
Deteksi Dini Cegah Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa
16 Sep 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;