fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Buka Wawasan Global Melalui Kegiatan Seminar Internasional 'Religion and Global Politics: Conflict and World Peace

Home >Berita >Buka Wawasan Global Melalui Kegiatan Seminar Internasional 'Religion and Global Politics: Conflict and World Peace
Diposting : Minggu, 10 Dec 2023, 17:54:32 | Dilihat : 225 kali
Buka Wawasan Global Melalui Kegiatan Seminar Internasional 'Religion and Global Politics: Conflict and World Peace


UIN KHAS Jember – Merespon deretan konflik internasional yang hingga kini terus terjadi, terutama konflik di Palestina yang tidak segera tuntas, membuat Fakultas Dakwah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menggelar seminar internasional ‘Religion and Global Politics: Conflict and World Peace.

Dengan mengadakan seminar internasional ini, Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember bermaksud memberikan ruang akademis yang bisa dimanfaatkan para akademisi baik dari kalangan dosen maupun mahasiswa, memperbincangkan dengan serius dari berbagai konflik yang dimaksud. 

Dari hasil perbincangan-perbincangan diskusi ini, harapannya bisa menjadi rujukan ilmiah yang akan dijadikan sebagai dasar dalam penentuan sikap sebagai bangsa terhadap konflik yang terjadi.    
"Perlu adanya sikap objektif dalam menyikapi isu konflik Israel dan Palestina serta didukung oleh data. Sehingga pembelaan yang dilakukan menjadi sikap yang terbaik atas isu konflik tersebut." adalah harapan dari Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Fawaizul Umam, M.Ag., atas kegiatan seminar internasional ini. 

Kegiatan seminar internasional yang diselenggarakan Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember pada hari Jum'at, tanggal 08 Desember 2023, diselenggarakan secara hybrid. Yakni sebagian peserta seminar berada dilokasi Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember dan sebagian lainnya berada di ruang virtual.

Total narasumber yang dihadirkan dalam seminar internasional 'Religion and Global Politics: Conflict and World Peace oleh Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember, ada 4 orang. Dua dari luar negeri dan dua dari dalam negeri.

Adapun dua narasumber yang berasal dari luar negeri yaitu Dr. Ahmad Mohammed Omar Al-Madani (Palestina), tema yang dibahas adalah The Events of October 7 in the Gaza Strip and Their Impact on The Palestinian Issue. Dilanjut pemateri kedua yaitu Asst.Prof.Dr.Chumphon Angkananon, Ph.D. (Thailand), yang tema bahasannya adalah Conflict and Peace Building in the Southern of Thailand.

Sedangkan dua narasumber dari dalam negeri, pertama adalah Dr. Umar Sholahudin, M.Sosio., yang membahas tentang Agama dan Politik Perdamaian. Dan yang kedua adalah Dr. Suparto Iribaram, S.Sos, M.A., tema bahasannya adalah Konflik dan Keagamaan di Nusantara.

"Kegiatan seminar internasional seperti ini perlu untuk digalakkan sebagai bentuk kontribusi kita (kaum akademis) terhadap isu-isu lokal terlebih global. Dan juga ada adanya proses membuka wawasan pada segenap civitas akademika UIN KHAS Jember." Ungkap Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. H. Hepni, M.M, saat membuka acara via online.

Dengan adanya kegiatan seminar internasional ini, menjadi peluang besar bagi para civitas akademika UIN KHAS Jember untuk bisa berkontribusi besar dalam menyumbangkan ide, gagasan, sikap maupun sebuah solusi didasarkan pada keilmuan-keilmuan yang ada pada lembaga ini untuk bangsa Indonesia maupun dunia. Amin.*** (AHN)

Berita Terbaru

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
16 Sep 2024By dakwah
Komunikasi Literasi Digital Berbasis AI Harus Mencerdaskan
16 Sep 2024By dakwah
Deteksi Dini Cegah Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa
16 Sep 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;