fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Mahasiswa IAIN Jember diterjunkan ke Papua Ikuti KKN Lintas Nusantara

Home >Berita >Mahasiswa IAIN Jember diterjunkan ke Papua Ikuti KKN Lintas Nusantara
Diposting : Senin, 05 Mar 2018, 15:27:31 | Dilihat : 1511 kali
Mahasiswa IAIN Jember diterjunkan ke Papua Ikuti KKN Lintas Nusantara


IAIN Jember- Sedikitnya delapan mahasiswa dari berbagai fakultas Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember diterjunkan ke Jayapura Papua untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Lintas Nusantara. KKN ini merupakan salah satu diantara wujud pengabdian masyarakat ditingkat mahasiswa selain KKN regular yang dilaksanakan di Kabupaten Jember dan beberapa kabupaten sekitarnya.

Khusus KKN lintas Nusantara ini, akan berlangsung sejak pelepasan peserta yang dilaksanakan dihalaman kampus IAIN Jember pada hari senin (5/2) ini hingga 30 April 2018 mendatang. Pelepasan delapan mahasiswa ini adalah tahapan awal  pada pelaksanaan KKN Lintas Nusantara yang akan dipusatkan di Jayapura Papua.

Selain ke Tanah Papua, Mahasiswa IAIN Jember dalam waktu dekat juga akan diterjunkan dilokasi lain yang telah dipilih oleh LP2M sebagai lokasi kegiatan KKN Lintas Nusantara pada tahun 2018, yaitu Bengkalis Riau, Aceh dan Kalimantan.

Bisa diketahui, bahwa KKN Lintas Nusantara telah dilaksanakan oleh IAIN Jember sejak tahun 2016 lalu, adapun untuk tahun 2017 KKN Lintas nusantara dilakukan di dua lokasi, masing-masing berlokasi di Jayapura Papua dengan menerjunkan 12 peserta KKN dan berlokasi di Bengkalis Riau dengan menerjunkan 8 Peserta KKN.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Jember, Muhibbin, M.Si menegaskan bahwa KKN lintas nusantara ini merupakan bagian dari upaya untuk meneguhkan serta membangun nilai kebangsaan dan nasionalisme khususnya bagi mahasiswa IAIN Jember.

Karenanya mahasiswa peserta KKN Lintas nusantara sebelum diterjunkan telah diberikan tambahan pengetahuan melalui kegiatan orientasi sebelum pemberangkatan ke lokasi KKN, harapannya bekal pengetahuan ini dapat menjadi modal tambahan bagi peserta KKN yang akan melakukan pengabdian masyarakat di tanah popua. Dengan begitu mahasiswa IAIN Jember yang tergabung dengan mahasiswa STAIN Jayapura bisa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sehingga bisa membantu warga Papua dalam rangka melakukan upaya perubahan kearah yang lebih baik.

Rektor IAIN Jember, Prof. Babun Suharto, SE., MM juga menyampaikan harapan besar terhadap pelaksanaan kegiatan KKN Lintas Nusantara yang diprakarsai oleh LP2M IAIN Jember. Baginya KKN Lintas Nusantara ini memiliki misi dalam upaya ikut serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Khususnya ditanah Papua.

Dapat disebutkan bahwa KKN Lintas Nusantara ini merupakan wujud nyata dari keterlibatan IAIN Jember sebagai bagian dari PTKIN dalam ikut serta melakukan advokasi masyarakat Papua dalam upaya melakukan pencegahan terhadap radikalsime agama yang dinilai dapat mengancam pada keutuhan NKRI.

Profesor Babun juga menyampaikan apresiasinya kepada peserta dan juga kepada LP2M selaku pelaksana kegiatan KKN lintas Nusantara ini. “Semoga KKN ini dapat menjadi kesempatan bagi mahasiswa IAIN Jember yang diterjunkan untuk bias melakukan pengabdian pada masyarakat khususnya di tanah papua”. Harap Babun.

Diakhir kesempatan, Babun mewanti-wanti kepada semua peserta KKN Lintas Nusantara agar selama pelaksanaan KKN ini berlangsung, mahasiswa IAIN Jember bisa melaksanakan KKN sebagaimana petunjuk dan pedoman KKN yang telah ditentukan, dan yang terpenting lagi bagi Babun setiap peserta harus bisa menjaga dirinya dan nama baik almamater kampus IAIN Jember sebagai keluarga besar Kementerian Agama RI, dengan begitu KKN yang dilaksanakan bagi 8 mahasiswa IAIN Jember ini dapat terlaksana dengan baik hingga bisa dirasakan dampaknya. (Minan Jauhari)

Berita Terbaru

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
16 Sep 2024By dakwah
Komunikasi Literasi Digital Berbasis AI Harus Mencerdaskan
16 Sep 2024By dakwah
Deteksi Dini Cegah Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa
16 Sep 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;