fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Peran PBB Sangat Dibutuhkan Untuk Penegakan Keadilan di Palestina

Home >Berita >Peran PBB Sangat Dibutuhkan Untuk Penegakan Keadilan di Palestina
Diposting : Selasa, 12 Dec 2023, 13:51:40 | Dilihat : 251 kali
Peran PBB Sangat Dibutuhkan Untuk Penegakan Keadilan di Palestina


Jember, Media Center Fakultas Dakwah - Seminar Internasional dengan tema “RELIGION AND GLOBAL POLITICS: Conflict and World Peace” diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah, Jum’at, 08 Desember 2023 pukul 13.00, bertempat  di Gedung Fakultas Dakwah Lt. 1 Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember.

Pantauan Media Center Fakultas Dakawah, dalam seminar tersebut menghadirkan narasumber dari nasional hingga internasional. Mohamad Macky Datugan (Peacemaker Activist of Mindanao, Filipina), Dr Suparto Iribaram (Anggota Dewan Majelis Ukhuwah Muslim Papua), Dr. Umar Sholahuddin (Peneliti dan Dosen Sosiologi Politik UWK Surabaya) dan Syekh Dr. Ahmed Muhamed Omar Al Madani (Warga Kebangsaan Palestina).

“Serangan yang dilakukan oleh Israel ke Palestina mengakibatkan banyak korban jiwa dan nyatanya ini bukan lagi masalah agama, namun sudah ranah politik. Dimana Israel dibantu oleh negara barat salah satunya ialah negara adidaya Amerika. Sedangkan Palestina mendapat bantuan dari negara Timur Tengah dan lainnya  seperti Mesir, Indonesia dan hingga saat ini masih menunggu keputusan PBB selaku polisi dunia untuk mendapat keadilan atas kejahatan peperangan ini.” Kata Dr. Ahmed  secara daring.

Adapun, Dr. Umar Sholahuddin  menyambung dari apa yang disampaikan oleh Dr. Ahmed sebelumnya, “peran PBB disini sangat dibutuhkan untuk penegakan keadilan perlu adanya gebrakan bagi para pemimpin bangsa yang ada di dunia untuk menggunakan nalar atau kritik tajamnya berlandaskan kemanusiaan untuk melihat kembali tata tertib dunia guna mengadili kejahatan genosida Israel”.

Disamping pembahasan konflik Palestina, ada pula Konflik Muslim Patani di bagian selatan Thailand pada tahun 90-an yang disebabkan agama Buddha sebagai agama nasional dan melarang adanya Islam ujar Asisten Prof. Chumphon, Thailand dan  Konflik Muslim di Papua “terkait HAM dimana muslim banyak kasus penganiayaan, diskriminasi yang cukup menghambat toleransi dari non-muslim” Kata Dr. Suparto Iribaram.

Tampak antusias segenap mahasiswa di Fakultas Dakwah menghadiri Seminar, Dekan Fakultas Dakwah Dr. Fawaizul Umam M.Ag, Wakil Dekan I Muhibbin S.Ag., MSi, Wakil Dekan II Dr. Siti Raudhatul Jannah S.Ag., M.Med.Kom, wakil dekan III Dr. Minan Jauhari S.Ag., S.Sos.I., M.Si, dan para civitas akademik. Selain itu, Rektor UIN KHAS Jember turut hadir dalam Seminar Internasional melalui teleconference.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan seperti ini yang cepat tanggap dalam membahas isu-isu global yang sedang hangat diperbincangkan dan mendatangkan pakar internasional yang mampu memperluas wawasan terutama bagi mahasiswa“ Ungkap Prof. Hepni Zein S.Ag., M.M. CPEM melalui zoom.

Sementara Wardatul, salah satu peserta dalam acara seminar mengatakan “acaranya sangat bermanfaat bisa menambah ilmu agama dan politik baik di Indonesia sendiri maupun luar negeri yang awalnya tidak semua orang tahu”. 

 

Koordinator Media Center: Zulfan Nabrisah

Penulis: Intan Permatasari 

Editor: Nuzul Ahadiyanto, Firdaus Dwi Cahyo Kurniawan

Berita Terbaru

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
16 Sep 2024By dakwah
Komunikasi Literasi Digital Berbasis AI Harus Mencerdaskan
16 Sep 2024By dakwah
Deteksi Dini Cegah Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa
16 Sep 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;