fakultasdakwah@uinkhas.ac.id -

Ribuan Pendaftar Menentukan Pilihannya ke Kampus IAIN Jember

Home >Berita >Ribuan Pendaftar Menentukan Pilihannya ke Kampus IAIN Jember
Diposting : Selasa, 06 Mar 2018, 12:52:26 | Dilihat : 1098 kali
Ribuan Pendaftar Menentukan Pilihannya ke Kampus IAIN Jember


IAIN Jember- Meskipun baru berjalan enam hari waktu pendaftaran Calon Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN) sejak 1 Maret lalu, Ribuan Pendaftar telah menentukan pilihannya ke Kampus IAIN Jember.

Hingga release ini (6/3) diturunkan, tercatat total 3000 Siswa pelamar menentukan pilihannya ke kampus IAIN Jember. Jumlah itu adalah total pendaftar dari dua pilihan PTKIN yang diminati, baik pilihan PTKIN 1 maupun pilihan PTKIN 2.

Total itu, Masing-masing dengan rincian untuk pilihan PTKIN 1 tercatat 752 pelamar telah menentukan pilihan 1 IAIN Jember dan 720 pelamar menentukan pilihan 2, sedangkan pilihan PTKIN 2, tercatat 728 menentukan pilihan 1 IAIN Jember serta 713 lainnya menentukan pilihan 2. Sehingga total keseluruhannya mencapai angka 3000. Quota yang tersedia pada jalur SPAN-PTKIN ini sebanya 1750.

Kecenderungan peminat yang mulai merangkak naik ini diakui oleh Ketua Panitia Lokal SPAN PTKIN 2018, H. Nur Solikin, S.Ag., M.H, menurutnya total pelamar nampaknya akan terus bertambah banyak lagi, karena waktu pendaftaran akan berakhir hingga 29 Maret mendatang.

“Waktu yang masih panjang ini bisa dimanfaatkan sebaik-baik mungkin oleh siswa SMA/SMK/ MA/MAK/ Pesantren Mu'adalah kelas terakhir yang telah memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah untuk segera mendaftarkan dirinya sebagai peserta seleksi SPAN-PTKIN.” Jelas Solikin disela-sela kerjanya.

Diketahui sebelumnya, seleksi jalur SPAN-PTKIN ini merupakan seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik dengan menggunakan nilai rapor dan prestasi lain, tanpa ujian tertulis. Sekolah/Madrasah yang dinyatakan berhak mendaftarkan siswanya dalam SPAN-PTKIN adalah sekolah/madrasah yang secara sah memperoleh ijin penyelenggaraan pendidikan dari pemerintah.

Karenya yang diperkenankan mendaftar pada jalur ini hanyalah siswa SMA/SMK/ MA/MAK/ Pesantren Mu'adalah kelas terakhir yang telah memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah sebagaimana yang telah didaftarkan oleh pihak sekolah berdasarkan isian PDSS pada waktu yang telah ditentukan.

Sementara, khusus untuk jalur SPAN PTKIN ini IAIN Jember menetapkan 1750 quota untuk semua program studi yang ditawarkan. Masing-masing adalah Prodi Pendidikan Agama Islam 250, Pendidikan Bahasa Arab 60, Perbankan Syari'ah 100, Bahasa dan Sastra Arab 40, Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir 60, Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah) 80, Manajemen Pendidikan Islam 80, Hukum Ekonomi Syari'ah (Mu'amalah) 80.

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 60, Ekonomi Syari'ah 175, Ilmu Hadits 30, Pengembangan Masyarakat Islam 20, Pendidikan Islam Anak Usia Dini 40, Tadris Bahasa Inggris 80, Hukum Tata Negara 60, Hukum Pidana Islam 40, Tadris Ilmu Pengetahuan Alam 40, Komunikasi dan Penyiaran Islam 60, Bimbingan dan Konseling Islam 50, Manajemen Dakwah 20, Sejarah Peradaban Islam 30, Akuntansi Syari'ah 75, Tadris Matematika 60, Tadris Biologi 60, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial 40, Manajemen Zakat dan Wakaf 40, dan prodi Psikologi Islam 20 Quota tersedia.

Untuk lebih jelasnya tentang informasi pendaftaran masuk IAIN Jember melalui jalur prestasi ini dapat dilihat melalui laman resmi www.iain-jember.ac.id atau langsung mengunjungi laman www.span-ptkin.ac.id. (Minan Jauhari)

Berita Terbaru

Seluruh Ruang Kuliah Akan Dipasang Smart Teve
16 Sep 2024By dakwah
Komunikasi Literasi Digital Berbasis AI Harus Mencerdaskan
16 Sep 2024By dakwah
Deteksi Dini Cegah Bunuh Diri di Kalangan Mahasiswa
16 Sep 2024By dakwah

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;